Q&A : Rokok

 
 Karena saya menulis artikel ini pada pagi hari,jadi selamat pagi dimanapun anda berada.kali ini saya akan membahas atau menulis artikel tentang rokok. menurut wikipedia, rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter kira-kira 10 mm yang berisi daun-daun tembakau.menurut wikipedia manusia/orang pertama yang menghisap rokok adalah suku bangsa indian amerika.tetapi pada saat itu mereka merokok hanya untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh.pada abad ke 16,ketika bangsa eropa menemukan benua amerika,sebagian dari para penjajah eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian mereka membawa rokok ke eropa.uniknya,bangsa eropa menghisap rokok hanya untuk kesenangan semata-mata,dan di bangsa eropa yang merokok adalah dari kalangan bangsawan.kemudian pada abad ke 17 para pedagang spanyol masuk ke turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara islam. nah itu dia sejarah dan perkembangan rokok,dan saya akan menjawab seputar pertanyaan-pertanyaan tentang rokok atau merokok :


 


Q:berapa banyak sih orang di indonesia yang sudah menjadi perokok aktif?
A:menurut riset 51,1% orang di indonesia adalah perokok aktif.
   itu berarti setengah penduduk diindonesia adalah perokok aktif.dan mereka terdiri dari anak-anak,remaja,perempuan dan dewasa.faktanya,perokok aktif di kalangan dewasa berusia 30-34 tahun. dan rata-rata dari mereka mempunyai pekerjaan petani,nelayan,dan buruh.

Q:apa sih yang di maksud dengan perokok pasif?
A:perokok pasif adalah seseorang yang tidak merokok secara langsung.
   artinya perokok pasif bukanlah perokok,tetapi mereka menghirup asap rokok dari orang-orang yang sedang merokok di sekitarnya.sebagian perokok pasif di indonesia adalah perempuan.itu dikarenakan suami atau ayah mereka adalah seorang perokok aktif.

Q:kalo perokok aktif itu apa?
A:perokok aktif adalah seseorang yang melakukan kegiatan merokok secara langsung.
   intinya perokok aktif adalah "tersangka" dan perokok pasif  adalah "korban"-nya.

Q:lebih bahaya mana perokok aktif atau perokok pasif?
A:perokok pasif.
   perokok pasif 4X lebih bahaya daripada perokok aktif.kenapa?ini dikarenakan perokok pasif akan menghirup langsung asap dari perokok aktif.sedangkan perokok aktif menyaring terlebih dahulu melalui filter pada batang rokok tersebut.inilah yang menyebabkan perokok pasif lebih bahaya dibandingkan dengan perokok aktif.

Q:apa yang menyebabkan orang menjadi perokok ? 
A:faktor pergaulan,faktor lingkungan,nyoba-nyoba,dan karena ejekan teman.
  •   faktor pergaulan:pergaulan disini artinya teman-teman sepergaulan atau teman setongkrongan.
  •   faktor lingkungan:lingkungan disini dalam artian tempat.contohnya adalah  rumah.jika di  rumah  ayah/orang tua kalian merokok kemungkinan besar kalian akan mencoba-coba untuk merokok  seperti orang tua kalian.
  •   "nyoba-nyoba":sebagian remaja dan anak-anak di indonesia merokok karena mencoba-coba untuk merokok.pasti dibenak mereka akan terlintas "gimana yah rasanya rokok?" "enak gak yah ngerokok itu?".
  •   ejekan teman: hal ini sering terjadi dikalangan anak muda indonesia.biasanya di ejek seperti "Dih banci  gak ngerokok" atau semacamnya.dan biasanya "korban" yang diejek akan merasa tertekan  oleh ejekan tersebut,dan si "korban" pun langsung ingin "mencicipi" rokok tersebut.

Q:kalo rokok herbal itu apa sih?                                                                                   A:rokok herbal sama saja seperti rokok pada umumnya.namun,ada yang membedakan antara rokok herbal  dan rokok pada umumnya.

    jika pada rokok biasa bahan/isi yang digunakan adalah tembakau dan zat berbahaya lainnya.di rokok herbal yang membedakan adalah zat yang digunakan pada rokok biasa tidak ada pada rokok herbal.jadi,zat yang terdapat pada rokok herbal adalah zat yang bermanfaat bagi tubuh.tapi,perlu di ingat! semua asap yang berasal dari manapun itu,jika masuk kedalam tubuh sama saja bahayanya bagi tubuh. :)

Q:kan banyak manfaatnya,berarti saya harus ganti rokok saya dengan rokok herbal?
A:manfaat rokok herbal tak sebanding dengan bahayanya.
   rokok herbal itu memiliki beberapa manfaat,diantaranya:menyegarkan kondisi tubuh dan pernafasan pengguna,rendah nikotin sehingga minim resiko penyakit jantung,mampu menetralisir racun yang terdapat di dalam darah akibat rokok biasa,membantu dalam proses pengobatan diabetes,dan memperlancar peredaran darah.emang sih kalo dipikir-pikir rokok herbal itu bermanfaat.tapi itu baru manfaatnya saja,inin dia bahayanya:dapat menimbulkan reaksi alergi sebagian orang yang sensitif terhadap beberapa jenis herbal,cengkih yang dibakar dapat menimbulkan kerusakan pada paru-paru,enderma,dan bronkitis,asap rokok herbal mengandung karbon monoksida,dan adanya kandungan tar yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan.jadi,masih bingung milih rokok yang mana ?

Q:emang bener yah kalo merokok sambil tiduran itu lebih berbahaya?
A:ya tepat sekali.
   merokok sambil tiduran dapat membahayakan untuk tubuh,karena asap akan masuk langsung ke dalam paru-paru.jadi,untuk yang sudah kecanduan merokok,jangan sekali-kali mencoba merokok sambil tiduran.

Q:kan rokok berbahaya nih,kenapa pabrik nya gak ditutup aja sama pemerintah?
A:kalo ditutup,banyak yang akan menjadi pengangguran.
   emang sih kalo dipikir-pikir kenapa gak ditutup aja pabrik rokok tuh yah?tapi kita juga harus mikir ke para petani cengkeh,petani tembakau,para buruh di industri sana,pada bagian percetakan rokoknya,dan untuk para pengecernya.jika pabrik ditutup,ya kan otomatis mereka jadi pengangguran.dan,jumlah mereka itu gak sedikit lho.jika ditotal jumlah mereka semua mencapai 6,1 juta orang (petani tembakau 2 juta,petani cengkeh 1,5 juta,buruh 0,6 juta,percetakan 1 juta,dan pengecer 1 juta) .belum lagi pajak dari rokok tersebut sangatlah tinggi,jika mereka ditutup,otomatis ratusan bahkan triliunan uang negara akan hilang.


        Sebenernya sih gak ada rokok yang sehat,semua rokok itu sama.mau yang jenisnya kretek ,filter ,cerutu, herbal,elektrik,semuanya itu berbahaya.seperti yang saya katakan tadi,semua asap yang masuk kedalam tubuh adalah berbahaya.jadi,kalo ada yang bilang "rokok ini aja nih yang ini sehat" "rokok yang ini aja nih rokok ini nikotinnya sedikit" atau yang lainnya,itu semua tidak benar.ya kalo mau sehat ya gak usah ngerokok.jujur,saya sendiri pun merokok.saya merokok akibat dari faktor pergaulan.mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan di artikel ini,dan semoga ini bisa mewakilkan pertanyaan-pertanyaan kalian semua.

terima kasih sudah membaca artikel ini.
semoga artikel ini bermanfaat buat kalian.
baca juga artikel-artikel lainnya di blog ini.
terima kasih.
PEMBACA YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR 




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »